Dapur, Tips & Trik

Tips Menggunakan Kompor Gas dengan Aman

Menggunakan kompor gas dengan aman memang sekarang ini jarang diperhatikan oleh masyarakat. Alasannya karena sudah terbiasa memakainya selama bertahun tahun dan tidak terjadi masalah sama sekali. lagi pula cara pemasangannya dan penggunaannya pun mudah,Padahal terdapat banyak sekali kejadian dimana tabung gas atau kompor gas yang meledak, mengakibatkan kebakaran hingga menelan korban jiwa. Hal ini bisa saja karena terjadi kesalahan dan kerusakan, atau karena kelalaian pemilik kompor gas itu sendiri.

Masyarakat kita memang lebih mengandalkan penggunaan kompor gas ketimbang minyak ataupun listrik. Selain karena praktis, energi gas juga tergolong hemat dan murah karena bisa diisi ulang tidak seperti kayu bakar atau minyak tanah. Meskipun begitu Anda harus tetap memperhatikan tips menggunakan kompor gas dengan aman sebelum memutuskan untuk memasangnya di dapur. Terdapat beberapa bagian dan komponen yang wajib diperhatikan, antara lain regulator, selang, karet seal, kompor, dan tabung gas itu sendiri. Jika tidak berhati-hati ketika merakit dan memasangnya maka bisa beresiko terjadinya kebocoran. Inilah yang nanti akan memicu ledakan dan kebakaran jika tidak segera diatasi. Berikut panduan serta tips menggunakan kompor gas dengan aman sehingga bisa mencegah timbulnya kebocoran atau ledakan:

  1. Seluruh Komponen Terpasang dengan Baik
    Sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu semua komponen pada kompor gas tersebut sebelum dinyalakan atau dipakai untuk memasak. Pastikan kalau regulator dan selang sudah terpasang dengan sempurna. Kalau terdengar suara mendesis dari arah tabung atau tercium bau gas maka segera atur lagi posisi regulator dan selang.
  2. Beli Produk SNI
    Meskipun banyak produk dijual di pasaran, tapi Anda wajib membeli yang berlabel SNI karena sudah terjamin keaslian dan keamanannya.Jangan terlalu tergiur harga murah,mungkin saja produk tersebut palsu dan berbahaya jika digunakan.
  3. Taruh dan Pasang di Tempat Aman
    Kompor gas memang paling tepat dipasang di area dapur karena fungsinya untuk memasak makanan. Namun sebelumnya Anda harus memperhatikan tempat dan posisi menaruh kompor serta tabung gas dengan benar. Pastikan permukaannya datar agar tidak membuat tabung bergeser atau bahkan terguling. Hal ini bisa memicu selang dan regulator longgar sehingga terjadi kebocoran gas dengan mudah.
  4. Taruh di Dekat Jendela atau Ventilasi
    Ini sangat penting, menaruh kompor dan tabung gas dekat dengan jendela ataupun ventilasi udara yang cukup besar. Tujuannya adalah agar gas yang bocor bisa langsung keluar dan tidak berada di dalam ruangan. Apabila gas tersebut masih berada di dalam ruangan maka bisa
    memicu timbulnya ledakan dan kebakaran jika terkena api.
  5. Jauhkan dari Bahan Berbahaya dan Mudah Terbakar
    Jangan pernah meletakkan bahan ataupun benda yang mudah terbakar di dekat kompor serta tabung gas.Hal ini sangat berbahaya karena jika terjadi ledakan maka api bisa langsung keluar dan semakin besar. Jauhkan berbagai macam bahan pemicu api seperti kompor minyak, bensin, spiritus, minyak tanah, korek gas, dan sebagainya.

Demikian tips menggunakan kompor gas dengan aman untuk menghindari resiko ledakan ataupun kebocoran gas. Bagi Anda yang lebih memilih menggunakan kompor gas sebaiknya lakukan tips di atas dengan benar. Menggunakan energi gas untuk memasak memang sangat praktis dan lebih hemat tapi perhatikan pula cara memasang, menggunakan, merawat hingga melepas semua komponennya. Hal ini dikarenakan sifat dari gas yang mudah sekali meledak dan memicu terjadinya kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *